Sabtu, 09 Oktober 2010

Rencana Usaha

Rukanda Resort
A. Latar Belakang Perancangan
Saat ini tidak sedikit orang yang jenuh karena pekerjaan, mereka membutuhkan rekreasi.Salah satu tempat yang menunjang adalah resort.Resort adalah empat yang digunakan untuk bersantai atau rekreasi, menarik pengunjung untuk liburan.Resort hampir sama dengan hotel, hanya saja resort menyediakan tempat yang lebih banyak untuk bersantai.Di Sumedang, khususnya daerah jati gede (daerah yang di prediksi akan menjadi objek wisata, selain waduk), belum banyak penginapan atau resort yang dapat dijadikan untuk bersantai dan untuk menunjang rekreasi yang ada di daerah tersebut.
Dengan melihat suatu fakta dan data yang ada dan dapat di pertanggung jawabkan maka tercetuslah suatu keputusan untuk memulai usaha di bidang pariwisata, yaitu resort, yang diberi nama Rukanda Resort.Selain untuk rekreasi, keberadaan resort ini juga dapat memberikan lapangan kerja bagi penduduk setempat pada khususnya, menigkatkan pendapatan penduduk setempat serta memanfaatkan potensi yang ada di suatu daerah (sumedang).Hal ini tidak berlebihan, karena dengan adanya gagasan seperti ini dapat mengembangkan produktivitas yang akan mencapai suatu kesejahteraan setiap penduduk.
Pemikiran maupun rencana ini merupakan suatu keinginan yang harus dicapai dan dipertahankan untuk kemajuan kita bersama. Saat libur akhir pekan (weekend) maupun libur panjang (long weekend), banyak pengunjung dari luar daerah maupun penduduk setempat yang berkunjung ke Waduk Jati Gede.Daerah Jati Gede menjadi favorite bagi para wisatawan yang ingin menikmati dan mengetahui waduk Jati Gede
sambil melepas kepenatan dari rutinitas kerja di kota dengan mengunjungi obyek wisata di Kawasan Jati Gede, Sumedang.
Masih kurangnya fasilitas akomodasi penginapan yang ada di Jati Gede untuk para wisatawan yang ingin berwisata di tempat-tempat tersebut. Dibutuhkan sebuah resort hotel yang dapat melayani kebutuhan wisatawan untuk berwisata di Jati Gede (Sumedang ).
Pada resort yang direncanakan, terdapat fasilitas-fasilitas yang dapat membuat nyaman wisatawan selama menginap serta dapat menunjang kegiatan wisatawan dalam berekreasi/berwisata diJati Gede. Konsep bangunan yang dipakai adalah berkonsep arsitektur ekologi.
B. Tujuan Dan Sasaran
A. Tujuan
Tujuan yang akan dicapai dalam penyusunan Landasan Program Perencanaan dan Perancangan Arsitektur (LP3A) adalah untuk merumuskan masalah-masalah yang berkaitan tentang perencanaan dan perancangan Resort Kawasan Jati Gede kemudian memberikan alternatif pemecahan dalam segi ilmu arsitektural.
B. Sasaran
Sasaran yang akan dicapai dalam penyusunan Landasan Program Perencanaan dan Perancangan Arsitektur adalah mengungkap tentang hasil analisis/kajian LP3A yang berupa Program ruang dan konsep dasar Perancangan Resort .
C. Konsep Rukanda Resort
Direncanakan RukandaResort akan dibangun dikawasan Jati Gede yang berada kurang lebih 10 km dari Wado yang menjadi awal untuk menuju ke resort. Salah satu tempat yang potensial sebagai objek wisata dan cukup potensial bagi para pebisnis melakukan meeting dengan clientnya. Rukanda resort akan dibangun mengelilingi kawasan Waduk Jati Gede yang sekarang menjadi tempat hiburan yang dibangun beberapa tahun silam untuk memajukan pariwisata sebagai tempat wisata di Jawa Barat yang dianggap dapat menyaingi objek wisata lainnya dikawasan Pulau Jawa.Beberapa fasilitas akan disediakan untuk memenuhi kepuasan pengunjung Rukanda Resort dan menjadikannya resort termegah yang pernah ada di Indonesia.
Pembangunannya menggunakan konsep ekologi yang senergi dengan alam. Keberadaan dan lokasi yang berada di wilayah pegunungan yang sudah diratakan dan menjadikannya bangunan bangunan milik swasta.
Pembangunan Resort ini saya menawarkan kepada investor dalam maupun luar untuk invest di resor Rukanda.Keadaan yang nyaman dan serasi dengan alam akan mnambah nilai lebih untuk keberadaan resort ini selain fasilitas-fasilitas yang akan disediakan disana.Kepuasan pelanggan adalah segalanya dan menjadi tolak ukur keberhasilan manajemen resort dalam menghadapinya.
Bangunan yang akan digunakan untuk membangun resort ini dengan menggunakan tenaga ahli atau arsitektur dan di bantu dengan asisten asistennya.Bangunan yang di gunakan menggunakan standar didunia.Bangunannya menghadap ke waduk jati gede dikarenakan supaya para turis bisa melihat secara langsung.
D. Visi, Misi Dan Komitmen Rukanda Resort
Visi Rukanda Resort
Memberikan pelayanan resort secara handal dengan mutu pelayanan kelas dunia
Misi Rukanda Resort
Mewujudkan visi perusahaan melalui peningkatan realisasi komitmen perusahaan kepada mitra, pelanggan, kepentingan nasional, pemilik, masyarakat sekitar, dan anggota perusahaan.
Komitmen Rukanda Resort
Kepada mitra dan pelanggan Resort
Menyediakan dan mengoperasikan pelayanan resort yang handal dengan mutu kelas dunia
Kepada kepentingan nasional
Meningkatkan kesehatan perusahaan secara professional dan dapat mendorong pengembangan ekonomi nasional
Kepada masyarakat pelabuhan
Mendorong terbentuknya masyarakat sekitar yang kooperatif dan mempunyai rasa saling memiliki
Kepada anggota perusahaan
Mewujudkan sumber daya insani yang beriman, bermutu, optimis, bersikap melayani dan ramah, bangga kepada perusahaan dan budayanya, serta mampu memberikan kesejahteraan dan kepuasan kerja kepada karyawa
PENINJAUAN BERBAGAI ASPEK
A. Persiapan Modal.
Penyiapan modal adalah langkah awal yang harus dilakukan dalam memulai setiap usaha. Apalagi untuk membangun bisnis yang berhubungan dengan property yang tentunya membutuhkan modal yang cukup besar. Untuk itu dibutuhkan suatu usaha yang ekstra keras melalui berbagai cara dalam mencapai tujuan tersebut. Untuk merealisasikan tujuan dan keinginan dari segi modal maka dilakukan kerjasama antara penggagas dan orang lain yang berinvestasi di resort dan mengharapkan bahwa sistem ini dapat diterima oleh beberapa pihak manajemen papan atas yang bersedia membiayai pembangunan resort dalam menjalankan proyek resort ini.
B. Alasan Mendirikan Rukanda Resort
Adapun alasan mendirikan bisnis resort ini didasarkan pada keinginan untuk memiliki aset yang tidak akan ada habis-habisnya dan akan selalu terus meningkat nilai jualnya seiring dengan berjalan waktu. Banyak para pebisnis yang mengatakan bahwa bisnis resort adalah salah satu bisnis teraman dari segi finansial dan memiliki tingkat terkecil dalam risiko kerugian asalkan harus memperhatikan berbagai faktor yang bersifat sangat vital dalam menjalankan bisnis resort ini.
Dalam bisnis, untung ataupun rugi dianggap suatu hal yang rumrah.Tapi itu bukan berarti harus rugi terus, diperlukan strategi agar suatu tujuan yang hendak dicapai sesuai dengan keinginan.Bisnis resort ini adalah salah satu bisnis yang dianggap paling sedikit menanggung resiko, karena dalam pemikiran sempitnya hanya berinvest dan menunggu sirkulasi uang yang berjalan saja.

C. Hasil yang Diharapkan Pembangunan Rukanda Resort
Hasil yang diharapkan dari pendirian resort ini adalah sebuah bisnis yang mendekati kebebasan finansial dimana passive income maupun aktive income merupakan salah satu hal yang nyata didalam menuai hasilnya.Seorang pemilik bisa terjun langsung pada perusahaannya menjadi seorang pimpinan ataupun direktur perusahaannya, tapi ada juga yang melimpahkan wewenangnya kepada orang lain atau kerabat dalam menjalankan usahanya .Pertimbangan pertimbangan yang harus diambil oleh seorang pemilik sangat diperlukan supaya tidak timbul kesalah pahaman.
D. Ekonomi
Secara ekonomi, bisnis ini tentunya akan mempengaruhi keadaan ekonomi penduduk sekitar. Diharapkan dengan adanya resort ini, bisnis-bisnis kecil yang dijalankan oleh penduduk sekitar akan bermunculan sehingga akan terjadi peningkatan kesejahteraan pada bidang perekonomian penduduk daerah tersebut. Tidak akan ada pihak yang merasa terganggu dengan dibangunnya resort ini. Hal ini dikarenakan tidak ada resort yang telah dibangun sebelumnya di daerah ini. Sedangkan pihak penginapan kecil di daerah tersebut akan diajak bekerja sama dalam bisnis ini yang nantinya akan menguntungkan kedua belah pihak.Hal ini dilakukan supaya tidak ada kecemburuan atau monopoli usaha yang dilakuakan oleh pemilik.
E. Politik
Dengan dibangunnya resort ini, keadaan politik di daerah ini tidak akan terpengaruhi karena kalau dilihat dari segi kepentingan hal-hal yang bersangkutan, pihak manajemen dapat mengatur segala regulasi dan birokrasi yang ada pada daerah tersebut sehingga kelangsungannya dapat terjaga dan terjamin.
Dari segi perizinan, tidak ada kendala yang berarti atau besar,karena sudah sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan sebelumnya.Yang menjadi hambatan pada awalnya masyarakat menolak untuk tidak dibangunnya resort ini.dengan adanya negosiasi dan intervensi dari pemerintah untuk menyelesaiakan persoalan ini.Pada akhirnya masyarakat setempat menyetujui di bangunnya resort ini.
F. Sosial Budaya
Dalam bidang sosial budaya, hubungan yang harus dilakukan adalah selalu membina komunikasi dengan baik terhadap warga sekitar daerah tersebut agar bisnis ini dapat diterima. Untuk tahap awal akan diberikan dalam wujud Responsibilitas Sosial kepada masyarakat sekitar dengan berbagai cara yang disesuaikan dengan keadaan penduduk sekitar agar tepat sasaran.
G. Teknologi
Perkembangan teknologi yang cukup cepat dan tiada habis-habisnya, mengharuskan kami membuat sesuatu yang tidak ketinggalan zaman tanpa melupakan aspek efektivitas dan efisiensi yang tentunya mempengaruhi baik secara langsung maupun secara tidak langsung terhadap kelangsungan bisnis ini. Sarana seperti Internet Wi-fi gratis serta cafe/warung internet adalah salah satu faktor pendukung pasar dan nilai jual dari berbagai aspek yang ada. Kepentingan bisnis para client yang berlibur ataupun melakukan meeting mengharuskan kita untuk menyediakan pengaksesan data cepat yang dibutuhkan mereka. Penembakan Wi-fi diberbagai sudut merupakan suatu cara yang tidak dapat ditolerir lagi.
H. Persaingan
Kita tidak pernah mengetahui saingan apa yang akan dihadapi kedepannya, apalagi proyek ini baru akan selesai beberapa tahun ke depan apabila dikerjakan. Yang jelas segala perencanaan yang kami lakukan dapat memberikan suatu harapan yang besar dengan memikirkan dan mempertimbangkan segala hal yang akan terjadi.
RENCANA ATAU PROGRAM KEDEPAN RUKANDA RESORT
Ditinjau dari segi konseptual dan keefektifan serta keefisiensian suatu perusahaan maka perusahaan mempunyai program kedepan untuk dijadikan pedoan atau acuan kearah yang diharapkan seluruh karyawan maupun direksi.
Adapun program kerja terbagi dalam dua bagian:
1. Program jangka pendek
a. Rencana awal dari setelah berdirinya rukanda resort harus ada sosialisasi kepada khalayak tentang keberadaan rukanda resort.
b. Membuat pamphlet untuk memperkenalkan rukanda resort.
c. Melakukan promosi selama satu minggu dengan mengadakan diskon sebesar 20 %
d. Mengundang relasi dalam peresmian rukanda resort supaya dikenal dan disampaikan kepada yang lainnya
e. Mengadakan Quis yang berhubungan dengan Rukanda Resort dan Memberikan hadiah yang menarik pada pemenangnya.
2. Program jangka panjang
a. Memberikan pelayanan yang maksimal sehingga pelanggan merasa puas dengan menginap di Rukanda Resort
b. “Pelangan adalah raja”
c. Memberikan reward kepada karyawan yang mempunyai loyalitas dan telah mengabdi minimal 10 tahun
d. Menjalankan perusahaan sesuai dengan konsep ekologi atau lingkungan
e. Memberikan diskon untuk perayaan perayaan (uang tahun, reuni, dll) dengan kapasitas tamu minimal 50 orang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar